Tips Merubah Rumah Menjadi Rumah Kontrakan


Tips Merubah Rumah Menjadi Rumah Kontrakan


Rumah selain sebagai tempat berlindung bagi penghuninya juga merupakan sebuah investasi bagi pemiliknya. Fungsi utama dari sebuah rumah adalah tempat untuk berlindung dari panas dan hujan tempat untuk bersitirahat dan juga sebagai tempat berkumpul keluarga. Dijaman moderen ini kebutuhan akan tempat tinggal semakin besar seiring pertumbuhan jumlah penduduk di area tertentu, jadi jangan salah jika terdapat area-area yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi di banding dengan lainnya.

Atas landasan tersebut banyak sebagian orang merubah rumah pribadinya dijadikan rumah kontrakan. Apalagi jika rumah anda berada di area strategis, dekat atau di dalam area pusat bisnis, pendidikan atau lokasi keramaian lainnya, dapat di pastikan nilai jual properti anda akan naik seiring permintaan yang tinggi.

Jadi bisa dipastikan akan menjadi sebuah investasi yang sangat menguntungkan, ada baiknya jadikan rumah anda tersebut sebagai kontrakan atau disewakan daripada anda menjual propeti tersebut.

Berikut adalah tips sebagai bahan pertimbangan anda untuk menyewakan properti anda :

  • Perhitungan Biaya dan Pemasukan
    Sebelum menyewakan rumah atau properti anda sebaiknya dihitung dulu harga sewa dan biaya perawatan rumah anda. Dilihat dari sisi perawatan, biaya hipotik, renovasi, dan biaya tak terduga. Biaya tak terduga muncul apabila anda menyewakan rumah lengkap dengan perabotan dan biaya renovasi sebelum disewakan, biaya tersebut untuk perbaikan kerusakan rumah, furnitur atau perabotan yang anda sewakan. Semua harus anda kalkulasi dengan baik dan teliti agar tidak terjadi kerugian dikemudian hari.
    • Perjanjian Sewa
      Siapkan hitam di atas putih surat perjanjian sewa karena ini merupakan faktor yang paling penting. Hal ini penting agar kedua belah pihak antara penyewa dan pemilik mengetahui hak dan kewajiban masing-masing. Hal ini ditujukan untuk menghindari kerugian atau hal-hal yang tidak diinginkan oleh masing-masing pihak. Isi dalam perjanjian sewa biasanya mensoalkan detail properti / rumah, fasilitas, jangka waktu sewa dan rincian jumlah uang sewa, hal-hal mengenai pemeliharaan atau kerusakan, dan lain-lain. Ada baiknya disahkan oleh notaris lengkap dengan materai sehingga perjanjian sewa tersebut valid dan kuat berlandaskan hukum yang ada di Indonesia.
    • Renovasi atau Perbaikan Rumah
      Upgrade atau renovasi / perbaikan rumah sangatlah penting, cara tersebut untuk menarik minat pencari kontrakan rumah agar tertarik menyewa atau mengontrak rumah anda. Buat secantik dan seindah mungkin rumah yang akan anda sewakan. Usahakan renovasi rumah anda dengan konsep rumah hijau ramah lingkungan dan hemat energi. Karena di era moderen sekarang ini rumah dengan konsep green living sangat populer atau baru banyak diminati oleh warga negara berkembang seperti indonesia. Tampilkan rumah yang asri sejuk tertata rapi dengan ventilasi yang sehat akan menjadi rebutan bagi banyak calon penyewa. Dan jangan lupa secara tidak langsung hal ini juga dapat meningkatkan nilai jual properti tersebut.
    • Promosi dan Iklan yang Menarik
      Promosikan properti atau rumah kontrakan anda melalui iklan dengan sebaik mungkin, semenarik mungkin dan pilih sarana, area atau lokasi yang mudah terlihat dan mudah ditemukan oleh banyak orang. Manfaatkan baik-baik ruang iklan yang sudah banyak tersedia baik di media cetak atau online. Semakin banyak orang tau semakin cepat juga rumah anda laku tersewa. Tetapi harus diingat, wajib berpikir secara cerdas dan pintar memilih ruang promosi, agar tidak terjadi kekecewaan dikemudian hari. Banyak website atau situs online yang menawarkan ruang iklan properti gratis bertebaran di internet, tapi ingat pilih situs yang terkenal minimal top 10 di google dengan keyword "kontrakan" dan yang menyediakan layanan update atau konfirmasi status iklan. Jika properti laku anda dapat mengkonfirmasikannya, iklanpun segera ditutup dan anda pun tidak lagi terganggu oleh telfon atau sms yang menanyakan rumah anda sudah tersewa atau belum.
    • Kerja Sama dalam Iklan
      Jaman moderen saat ini semakin banyak broker dan agen properti menawarkan jasanya untuk menawarkan kerja sama dalam memenejemen dan mempromosikan rumah / properti anda. Kebanyakan mereka mangambil komisi sebesar 10% dari total deal (harga sewa rumah yang laku tersewa). Bekerja untuk mengelola seorang diri dapat berpotensi menghabiskan waktu dan stres..., itu jika properti yang anda miliki lebih dari 10 unit, namun jika kurang dari itu saya rasa anda masih bisa memegangnya sendiri dan tidak menimbulkan stres. Tetapi jika anda tetap membutuhkan jasa mereka, ada baiknya perhatikan dan pelajari betul track record dari broker atau agen properti tersebut.




    Previous
    Next Post »

    1 comments:

    Click here for comments
    11 February 2016 at 13:54 ×

    http://mandirisewamobilsolo.com/

    Selamat Unknown dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
    Balas
    avatar
    admin
    Thanks for your comment